LK-1.1
|
Tujuan: Mendiskusikan rasional dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD, strategi implementasi Kurikulum 2013 serta pendekatan, model pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013
Langkah Kerja:
1. Cermati hand-outkonsep Kurikulum 2013 serta Permendikbud tahun 2013 yang terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian
2. Diskusikan dalam kelompok dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, tuliskan jawaban hasil diskusi pada kolom yang tersedia
3. Presentasikan hasil diskusi, setiap kelompok menyajikan salah satu jawaban pertanyaan hasil diskusi
4. Berikan komentar terhadap hasil presentasi kelompok lain
No
|
Pertanyaan
|
Jawaban
|
1.
|
Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
|
Ada lima alas an mengapa perlu adanya pengembangan kurikulum, yaitu :
1. Adanya tantangan internal
2. Adanya tantangan eksternal
3. Karena perkembangan dan kemajuan jaman yang menuntut perubahan pola piker
4. Perlunya penguatan tata kelola kurikulum
5. Perlunya untuk mengkaji materi (pedalaman dan perluasan)
|
2.
|
Apa saja elemen perubahan dalam Kurikulum 2013
|
Eleman perubahan kurikulum 2013 mencakup : Standar kompetensi Lulusan (SKL), Standar isi, Standar Proses dan standar penilaian.
|
3.
|
Bagaimana strategi implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran?
|
Meliputi:
1. Pelaksanaan kurikulum di sekolah-sekolah
2. Pelatihan guru, kepala sekolah dan pengawas
3. Pengembangan buku
4. Penataan administrasi, manajemen, kepemimpinan dan budaya kerja guru yang baru
5. Pendampingan dalam bentuk monev implementasi K13
|
4.
|
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013
|
Kurikulum 2006
Kompetensi Lulusan
1. Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
2. Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan
3. Pengetahuan-pengetahuan lepas
Kompetensi Lulusan
1. Berkarakter mulia
2. Keterampilan yang relevan
3. Pengetahuan-pengetahuan terkait
|
5.
|
Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam Kurikulum 2013
|
Meliputi : Pendekatan saintifik, pembelajaran project based learning, discovery learning dan problem based learning.
|
6.
|
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
|
Penilaian kurikulum 2013 mencakup : penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tiap kompetensi, ujian nasional dan ujian sekolah.
|
Komentar
Posting Komentar