Langsung ke konten utama

JAWABAN TUGAS LK 1.1 DIKLAT KURIKULUM 2013

LK-1.1
 

ANALISIS KURIKULUM 2013

Tujuan:  Mendiskusikan rasional dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD, strategi implementasi Kurikulum 2013 serta pendekatan, model pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013
Langkah Kerja: 
1.    Cermati hand-outkonsep Kurikulum 2013  serta Permendikbud tahun 2013 yang terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian 
2.    Diskusikan dalam kelompok dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, tuliskan jawaban hasil diskusi pada kolom yang tersedia
3.    Presentasikan hasil diskusi, setiap kelompok menyajikan salah satu  jawaban pertanyaan  hasil diskusi 
4.    Berikan komentar terhadap hasil presentasi kelompok lain
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Ada lima alas an mengapa perlu adanya pengembangan kurikulum, yaitu :
1.       Adanya tantangan internal
2.       Adanya tantangan eksternal
3.       Karena perkembangan dan kemajuan jaman  yang menuntut perubahan pola piker
4.       Perlunya penguatan tata kelola kurikulum
5.       Perlunya untuk mengkaji materi (pedalaman dan perluasan)
2.
Apa saja elemen  perubahan dalam Kurikulum 2013
Eleman perubahan kurikulum 2013 mencakup : Standar kompetensi Lulusan (SKL), Standar isi, Standar Proses dan standar penilaian.
3.
Bagaimana strategi implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran?
Meliputi:
1.       Pelaksanaan kurikulum di sekolah-sekolah
2.       Pelatihan guru, kepala sekolah dan pengawas
3.       Pengembangan buku
4.       Penataan administrasi, manajemen, kepemimpinan dan budaya kerja guru yang baru
5.       Pendampingan dalam bentuk monev implementasi K13
4.
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013
Kurikulum 2006
Kompetensi Lulusan
1.    Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
2.    Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan
3.    Pengetahuan-pengetahuan lepas
Kurikulum 2013
Kompetensi Lulusan
1.      Berkarakter mulia
2.      Keterampilan yang relevan
3.      Pengetahuan-pengetahuan terkait
5.
Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam  Kurikulum 2013
Meliputi : Pendekatan saintifik, pembelajaran project based learning, discovery learning dan problem based learning.
6.
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Penilaian kurikulum 2013 mencakup : penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tiap kompetensi, ujian nasional dan ujian sekolah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPD) DISUSUN OLEH: TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS) SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana. Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan. Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik berseko

MOMENTUM SUDUT DAN HUKUM KEKEKALAN MOMENTUM

 Pada gerak rotasi, semua benda yang berputar akan terus berputar sampai ada sesuatu yang menghentikannya. Hal ini menunjukkan bahwa benda bergerak berputar memiliki inersia yang kita sebut inersia rotasi, atau disebut momentum sudut. secara matematis dinyatakan sebagai berikut : L = I ω dengan :  L = momentum sudut                   I  = momen inersia                         ω = kecepatan sudut sama halnya dengan momentum liner, momentum sudut juga merupakan besaran vektor yang memiliki arah. Arah momentum sudut dari suatu benda yang berotasi dapat ditentukan dengan kaidah tangan kanan: Empat jari yang tertekuk menunjukkan arah putaran gerak rotasi dan ibu jari menunjukkan arah momentum sudut. Jika momentum sudut arahnya ke atas, maka nilainya positif, sebaliknya jika arah momentum sudut berarah ke bawah, maka nilainya negatif. Pada gerak translasi, hukum 2 Newton yang dikaitkan dengan momentum menyatakan bahwa karena terdapat analogi gerak translasi dengan gerak rotasi maka momen gay

SEMUA TENTANG MOS

Hai...adik2 pengurus OSIS !!! l g nyari-nyari bahan buat acara MOS ea??? nih dari kami, smoga bisa bermanfaat dan menjadi acuan ..... Yang biasa di setiap even MOS adalah : 1. atribut 2. pembuatan proposal contoh proposal 3. jadwal kegiatan 4. materi kegiatan 5. pernak - pernik lainnya Berikut akan kita bahas satu persatu : 1. ATRIBUT Berbicara atribut MOS, SMAPAGA memiliki budaya yang unik yaitu menggunakan motif batik pada rompi dan tas sandang dan penutup kepala dari caping. hal ini memiliki filosofi cinta tradisi dan mengingatkan kita pada pertanian sebagai penopang utama bangsa. semula panitia ragu menentukan hal ini. tetapi setelah diterapkan ternyata hasilnya luar biasa. sragam mos terlihat sangat bagus dan inspiratif. mungkin sebagian dari pembaca tidak setuju dengan penilaian tersebut, pada dasarnya kami hanya berusaha untuk lebih manusiawi dan menghilangkan budaya perploncoan pada kegiatan MOS. sangatlah tidak manusiawi bila peserta disuruh mengenakan p