RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA PANCASILA 3
Mata Pelajaran :
Biologi
Semester :
Ganjil (1)
Alokasi Waktu :
3 x 3 JP
A.Kompetensi
Inti :
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli
(gotong royong, kerjasama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktifdan menunjukan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik
sesuai dengan bakat
dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak
terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator :
1.1 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah
dalam kemampuan
mengamati bioproses.
2.1Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai
data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, danpeduli dalam observasi dan
eksperimen, berani dan
santun dalam mengajukan pertanyaandan berargumentasi,
peduli
lingkungan,
gotong royong, bekerjasama, cinta damai,berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif
dalam dalam setiap
tindakandan dalam melakukan pengamatan dan
percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar
kelas/laboratorium.
3.1Memahami tentang ruang lingkup biologi
(permasalahan pada berbagai
obyek
biologi dan tingkat organisasi
kehidupan), metode ilmiah dan
prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan
dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1
Mengidentifikasi permasalahan biologi pada
berbagai objek biologi
3.1.2
Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai
objek biologi
3.1.3
Mengidentifikasi
tingkat organisasi kehidupan.
3.1.4
Menjelaskan
tingkat organisasi kehidupan.
3.1.5
Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu dalam biologi
dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3.1.6
Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi dan
kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3.1.7
Mengidentifikasi komponen metode ilmiah .
3.1.8
Menjelaskan
komponen metode ilmiah berdasakan pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
3.1.9
Mengidentifikasi prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam
kehidupan sehari-hari.
3.1.10 Menjelaskan
prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan data tentang objek
dan permasalahan biologi pada berbagai
tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode
ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya dalam
bentuk
laporan tertulis.
Indikator
Pencapaian Kompetensi:
4.1.1
menyalin contoh data tentang objek dan permasalahan
biologi pada
berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam
bentuklaporan tertulis
4.1.2
mengumpulkan
data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam
bentuklaporan tertulis
4.1.3
Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi
pada
berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam
bentuklaporan tertulis
Tujuan
Pembelajaran
:
Setelah proses mengamati. Menanyakan,mengumpulkan informasi/ mencoba
, mengkomunikasi, siswa dapat:
1. Mengidentifikasi
permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
2. Menjelaskan
permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
3. Mengidentifikasi tingkat organisasi kehidupan.
4. Menjelaskan tingkat organisasi kehidupan.
5. Mengidentifikasi
cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di
masa depan.
6. Menjelaskan
cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di
masa depan.
7. Mengidentifikasi
komponen metode ilmiah .
8. Menjelaskan komponen
metode ilmiah berdasakan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
9. Mengidentifikasi
prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
10. Menjelaskan
prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan sehari-hari
11. menyalin contoh
data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam
bentuklaporan tertulis
12. mengumpulkan data tentang objek dan permasalahan biologi
pada
berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam
bentuklaporan tertulis
13. Menyajikan data
tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam
bentuklaporan tertulis
14. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta,
disiplin, tanggung jawab,dan peduli
dalam observasi dan eksperimen, berani dan
santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan,gotong royong, bekerjasama, cinta
damai, berpendapat secara ilmiah dan
kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap
C.
Materi ajar:
Materi fakta,
·
Beberapa Contoh permasalahan biologi pada berbagai objek
biologi
o
Ilegal loging
o
Banjir
o
Longsor
http://poexpoe.wordpress.com/biologi/
Materi Konsep
·
Ruang lingkup Biologi
o
Biologi sebagai sains
§ Pengertian
Biologi
§ Cabang –
cabang Ilmu Biologi
§ Manfaat
Biologi
o
permasalahan pada berbagai obyek biologi dan
tingkat organisasi kehidupan,
·
metode ilmiah
·
prinsip keselamatan kerja berdasarkan
pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari
Materi Prinsip
·
ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai
obyek biologi dan tingkat organisasi
kehidupan),
·
metode
ilmiah dan
·
prinsip
keselamatan kerja berdasarkan pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
Prosedur
·Metode
Ilmiah
Metode ilmiah merupakan suatu prosedur (urutan
langkah) yang harus dilakukan untuk melakukan suatu proyek ilmiah (science
project). Secara umum metode ilmiah meliputi langkah-langkah berikut:
· Observasi Awal
· Mengidentifikasi Masalah
· Merumuskan atau Menyatakan Hipotesis
· Melakukan Eksperimen
· Menyimpulkan Hasil Eksperimen
Sumber
http://alphaomega86.tripod.com/metode_ilmiah.htm
D.Metode pembelajaran :
·
Pengamatan ,Observasi,Inkuiri, Saintifik,Tanya jawab,
Studi pustaka, ceramah,
·
Diskusi,ceramah,kajian pustaka, demonstrasi
E.Media, Alat, dan Sumber belajar
1.
Media:
·
Internet
·
Perpustakaan
·
Laboratorium
2.
Alat/Bahan:
·
Infocus, leptop
·
Power point materiKeanekaragaman Hayati
·
LKS
3.
Sumber Belajar :
·
Oman Karmana.2014.Biologi untuk SMA-X,Jakarta:Erlangga
·
www.almansyahnis.com
A. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Pertemuan Kesatu:
a.
Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·
Menyapa
salam guru dan dilanjutkan dengan berdoa bersama
·
mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·
menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti ( 100 menit)
Mengamati:
·
Siswa secara individu mengamati tayangan melalui power
point atau Contoh permasalahan
biologi pada berbagai objek biologi yang diperlihatkan guru untuk menemukan macam-macam
permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
Menanya:
·
Antar siswa saling bertanya tentang hasil temuannya
untuk dipadukan dengan ciri atas temuannya
·
Antar kelompok membahas temuannya terkait dengan ciri objek yang ditayangkan
·
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan
guru terkait dengan temuannya
Mengumpulkan imformasi/ Mencoba
·
Secara individu dalam kelompok mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber tentang permasalahan
pada berbagai objek biologi
·
Siswa menyimak penjelasan guru tentang kelengkapan
konsep tentang permasalahan pada
berbagai objek biologi
Mengasosiasi:
·
Siswa secara individu menyimpulkan hasil temuannya untuk menjadi
gagasan utamanya
Mengomunikasi:
·
Secara acak siswa mempresentasikan hasil kesimpulannya
·
Guru menyempurnakan kesimpulan yang telah disampaikan
siswa
c. Penutup (10 menit)
·
Refleksi
·
Memotifasi siswa untuk bahan pertemuan bahan lanjutan
2. Pertemuan Kedua:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
·
Menyapa
salam guru dan dilanjutkan dengan berdoa bersama
·
mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·
menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
b. Kegiatan Inti (...menit)
Mengamati:
·
Siswa secara individu mengamati tayangan melalui power
point atau contoh cabang-cabang ilmu
dalam biologi dan komponen Metoda Ilmiah yang diperlihatkan guru untuk menemukan
ciri-ciri dari cabang-cabang ilmu dalam biologi dan komponen metode Ilmiah
Menanya:
·
Antar siswa saling bertanya tentang hasil temuannya
untuk dipadukan dengan ciri atas temuannya
·
Antar kelompok membahas temuannya terkait dengan ciri objek yang ditayangkan
·
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan
guru terkaitdengan temuannya
Mengumpulkan imformasi/ Mencoba
·
Secara individu dalam kelompok mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber tentang cabang-cabang ilmu dalam biologi
·
Siswa menyimak penjelasan guru tentang keseluruhan konsep tentang cabang-cabang ilmu dalam
biologi dan komponen metoda Ilmiah
Mengasosiasi:
·
Siswa secara menyimpulkan hasil temuannya untuk
menjadi gagasan utamanya
Mengomunikasi:
·
Secara acak siswa mempresentasikan hasil kesimpulannya
c.
Penutup (10 menit),.
·
Refleksi
·
Memotifasi siswa untuk mempelajari bahan pertemuan
lanjutan
3. Pertemuan Ketiga:
a. Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
·
Menyapa
salam guru dan dilanjutkan dengan berdoa bersama
·
mengajukan
pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·
menjelaskan
tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·
menyampaikan
cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
b.
Kegiatan Inti (...menit)
Mengamati:
·
Siswa secara individu mengamati tayangan melalui power
point atau contoh prinsip keselamatan
kerja berdasarkan pengamatan dalam
kehidupan sehari-hari yang diperlihatkan
guru untuk menemukan ciri-ciri keanekaragaman hayati indonesia
Menanya:
·
Antar siswa saling bertanya tentang hasil temuannya
untuk dipadukan dengan ciri atas temuannya
·
Antar kelompok membahas temuannya terkait dengan ciri objek yang ditayangkan
·
Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan
guru terkaitdengan temuannya
Mengumpulkan imformasi/ Mencoba
·
Secara individu dalam kelompok mengumpulkan informasi
dari berbagai sumber
·
Siswa menyimak penjelasan guru tentang keseluruhan konsep tentang prinsip keselamatan kerja
berdasarkan pengamatan dalam
kehidupan sehari-hari
Mengasosiasi:
·
Siswa secara individu menyimpulkan hasil temuannya
untuk menjadi gagasan utamanya
Mengomunikasi:
·
Secara acak siswa mempresentasikan hasil kesimpulannya
·
Siswa secara individumenyalin contoh data tentang
objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkatan organisasi kehidupan sesuai dengan metode
ilmiah dan memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis.
·
Siswa membuat data tentang objek dan permasalahan
biologi pada
berbagai tingkatan
organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dam memperhatikan aspek keselamatan kerja serta menyajikannya
dalam bentuk laporan tertulis
c.
Penutup (…menit)
·
Refleksi
·
Memotifasi siswa untuk mempelajari bahan pertemuan
lanjutan
G.
Penilaian
Penilaian
1.
Jenis/teknik penilaian
Penilaian Sikap:
·
Obsevasi
§ Aspek pengamatan
o
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
o
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat
mempelajari ilmu pengetahuan
o
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas
(sikap jujur)
o
Melaporkan data atau informasi apa adanya ( sikap
jujur)
o
Mengerjakan tugas yang diberikan(sikap disiplin)
o
Melaksanakan tugas individu dengan baik( sikap
tanggung jawab)
o
Aktif dalam kerja kelompok ( Sikap kerja sama )
o
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu
orang lain
(
sikap santun)
·
Antar teman
·
Penilaian diri
·
jurnal…
Penilaian Pengetahuan:
·
tes tertulis
o
objektif
§ PG ( pilihan ganda
) - Terlampir
§ BS ( betul atau
salah )
§ Menjodohkan
§ Jawaban singkat
§ Melengkapi
o
Non objektif
§ Uraian bebas
§ Uraian terbatas
·
tes lisan
·
penugasan
Penilaian Keterampilan
·
portofolio
·
praktik
·
proyek
2.
Bentuk instrumen dan instrumen
·
Bentuk instrument
·
Instrument terlampir
3.
Pedoman penskoran
Petunjuk :
Skor penilaian
aspek Sikap Spiritual dan Soasial
dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan
dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Mengetahui Pekanbaru, 11 juni2014
Kepala SMAN 8 Pekanbaru, Guru Mata Pelajaran Biologi,
Dra.Hj.
Hasnidar HJAlmansyahnis, S.Pd
NIP.19650222 199103 2001 NIP
19630420
198512 2002
Lampiran:
Instrumen
Penilaian Sikap Spiritual dan Sosial:
Lembar
Pengamatan Sikap
Kelas : X IPA.
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema :
Ruang Lingkup Biologi
|
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
|||||||
|
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Tekun
|
Gotong royong
|
Santun
|
Percaya diri
|
Jumlah Skor
|
|||
|
|
Ani
|
3
|
3
|
4
|
4
|
4
|
4
|
4
|
26
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran :
Skor penilaian
aspek Sikap Spiritual dan Soasial
dengan kriteria sebagai berikut: Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
4= selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3= sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak
pernah, apabila tidak pernah melakukan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :
Contoh :
Jika Skor diperoleh
26, skor maksimal 4 x 8 pernyataan = 32, maka skor akhir :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik
memperoleh nilai
Sangat Baik : apabila
memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik : apabila memperoleh skor :2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup : apabila memperoleh skor :1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh
skor: skor ≤ 1,33
Komentar
Posting Komentar