Langsung ke konten utama

RPP BIOLOGI Ruang Lingkup Biologi

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                           : SMA PANCASILA 3
Mata Pelajaran                : Biologi
Semester                        : Ganjil (1)
Materi Pokok                   : Ruang Lingkup Biologi
Alokasi Waktu                 :  3 x 3 JP

A.Kompetensi Inti : 
1. Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
 (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktifdan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
3. Memahami,menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat
 dan minatnya untuk memecahkan masalah
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari  yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator        :
1.1 Menyadari dan mengagumi pola pikir ilmiah dalam kemampuan 
    mengamati bioproses.
2.1Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin,
tanggung jawab, danpeduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan
santun dalam mengajukan pertanyaandan berargumentasi, peduli
lingkungan,  gotong royong, bekerjasama, cinta damai,berpendapat
secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap
tindakandan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam
kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.
3.1Memahami tentang ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai
obyek biologi dan  tingkat organisasi kehidupan), metode ilmiah dan
prinsip keselamatan kerja berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1.1      Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
3.1.2     Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
3.1.3     Mengidentifikasi  tingkat organisasi kehidupan.
3.1.4     Menjelaskan  tingkat organisasi kehidupan.
3.1.5     Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3.1.6     Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
3.1.7     Mengidentifikasi komponen metode ilmiah .
3.1.8     Menjelaskan  komponen metode ilmiah berdasakan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
3.1.9     Mengidentifikasi prinsip keselamatan kerja berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan  sehari-hari.
3.1.10  Menjelaskan prinsip keselamatan kerja berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada berbagai
tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam bentuk
laporan tertulis.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
4.1.1      menyalin contoh data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam 
bentuklaporan tertulis
4.1.2     mengumpulkan  data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam 
bentuklaporan tertulis



4.1.3     Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam 
bentuklaporan tertulis

Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses mengamati. Menanyakan,mengumpulkan informasi/ mencoba , mengkomunikasi, siswa dapat:
1.     Mengidentifikasi permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
2.    Menjelaskan permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
3.    Mengidentifikasi  tingkat organisasi kehidupan.
4.    Menjelaskan  tingkat organisasi kehidupan.
5.    Mengidentifikasi cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
6.    Menjelaskan cabang-cabang ilmu dalam biologi dan kaitannya dengan pengembangan karir di masa depan.
7.    Mengidentifikasi komponen metode ilmiah .
8.    Menjelaskan  komponen  metode ilmiah berdasakan pengamatan dalam kehidupan sehari-hari.
9.    Mengidentifikasi prinsip keselamatan kerja berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan  sehari-hari.
10. Menjelaskan prinsip keselamatan kerja berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan sehari-hari
11.  menyalin contoh data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam 
bentuklaporan tertulis
12. mengumpulkan  data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam 
bentuklaporan tertulis
13. Menyajikan data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan
memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam 
bentuklaporan tertulis
14. Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung    jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan  santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli  lingkungan,gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara  ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap

C. Materi ajar:
Materi fakta,
·         Beberapa Contoh permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
o   Ilegal loging
o   Banjir
o   Longsor

http://poexpoe.wordpress.com/biologi/
Materi Konsep
·         Ruang lingkup Biologi
o   Biologi sebagai sains
§  Pengertian Biologi
§  Cabang – cabang Ilmu Biologi
§  Manfaat Biologi
o   permasalahan pada berbagai obyek biologi dan tingkat organisasi kehidupan,
·         metode ilmiah
·         prinsip keselamatan kerja  berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan     sehari-hari
Materi Prinsip
·         ruang lingkup biologi (permasalahan pada berbagai obyek biologi dan  tingkat organisasi kehidupan),
·          metode ilmiah dan
·          prinsip keselamatan kerja  berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan
sehari-hari.
Pro­sedur
·Metode Ilmiah
Metode ilmiah merupakan suatu prosedur (urutan langkah) yang harus dilakukan untuk melakukan suatu proyek ilmiah (science project). Secara umum metode ilmiah meliputi langkah-langkah berikut:

·         Observasi Awal

·         Mengidentifikasi Masalah

·         Merumuskan atau Menyatakan Hipotesis

·         Melakukan Eksperimen

·         Menyimpulkan Hasil Eksperimen

Sumber http://alphaomega86.tripod.com/metode_ilmiah.htm


D.Metode pembelajaran   :
·         Pengamatan ,Observasi,Inkuiri, Saintifik,Tanya jawab, Studi pustaka, ceramah,
·         Diskusi,ceramah,kajian pustaka, demonstrasi
E.Media, Alat, dan Sumber belajar
1.     Media:
·         Internet
·         Perpustakaan
·         Laboratorium
2.    Alat/Bahan:
·         Infocus, leptop
·         Power point materiKeanekaragaman Hayati
·         LKS
3.    Sumber Belajar :
·         Oman Karmana.2014.Biologi untuk SMA-X,Jakarta:Erlangga
·         www.almansyahnis.com

A.  Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 
1.  Pertemuan Kesatu:
a.    Pendahuluan/Kegiatan Awal ( 10 menit)
·         Menyapa salam guru dan dilanjutkan dengan berdoa bersama
·         mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·         menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·         menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.
b.  Kegiatan Inti ( 100 menit)
Mengamati:
·         Siswa secara individu mengamati tayangan melalui power point  atau Contoh permasalahan biologi pada berbagai objek biologi yang diperlihatkan guru untuk menemukan macam-macam permasalahan biologi pada berbagai objek biologi
Menanya:
·         Antar siswa saling bertanya tentang hasil temuannya untuk dipadukan dengan ciri atas temuannya
·         Antar kelompok membahas temuannya terkait  dengan ciri objek yang ditayangkan
·         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan guru terkait dengan temuannya



Mengumpulkan imformasi/ Mencoba
·         Secara individu dalam kelompok mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang permasalahan  pada berbagai objek biologi
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang kelengkapan konsep tentang permasalahan  pada berbagai objek biologi

Mengasosiasi:
·         Siswa secara individu  menyimpulkan hasil temuannya untuk menjadi gagasan utamanya

Mengomunikasi:
·         Secara acak siswa mempresentasikan hasil kesimpulannya
·         Guru menyempurnakan kesimpulan yang telah disampaikan siswa

c.   Penutup (10 menit)
·         Refleksi
·         Memotifasi siswa untuk bahan pertemuan bahan lanjutan

2.  Pertemuan Kedua:
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
·         Menyapa salam guru dan dilanjutkan dengan berdoa bersama
·         mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·         menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·         menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.  Kegiatan Inti (...menit)
Mengamati:
·         Siswa secara individu mengamati tayangan melalui power point  atau contoh cabang-cabang ilmu dalam biologi dan komponen Metoda Ilmiah yang diperlihatkan guru untuk menemukan ciri-ciri dari cabang-cabang ilmu dalam biologi dan komponen metode Ilmiah

Menanya:
·         Antar siswa saling bertanya tentang hasil temuannya untuk dipadukan dengan ciri atas temuannya
·         Antar kelompok membahas temuannya terkait  dengan ciri objek yang ditayangkan
·         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan guru terkaitdengan temuannya

Mengumpulkan imformasi/ Mencoba
·         Secara individu dalam kelompok mengumpulkan informasi dari berbagai sumber tentang cabang-cabang ilmu dalam biologi
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang keseluruhan  konsep tentang cabang-cabang ilmu dalam biologi dan komponen metoda Ilmiah

Mengasosiasi:
·         Siswa secara menyimpulkan hasil temuannya untuk menjadi gagasan utamanya

Mengomunikasi:
·         Secara acak siswa mempresentasikan hasil kesimpulannya

c.    Penutup (10 menit),.
·         Refleksi
·         Memotifasi siswa untuk mempelajari bahan pertemuan lanjutan

3.  Pertemuan Ketiga:
a.  Pendahuluan/Kegiatan Awal (…menit)
·         Menyapa salam guru dan dilanjutkan dengan berdoa bersama
·         mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari;
·         menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi dasar yang akan dicapai; dan
·         menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

b.    Kegiatan Inti (...menit)
Mengamati:
·         Siswa secara individu mengamati tayangan melalui power point  atau contoh prinsip keselamatan kerja berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan  sehari-hari yang diperlihatkan guru untuk menemukan ciri-ciri keanekaragaman hayati indonesia
Menanya:
·         Antar siswa saling bertanya tentang hasil temuannya untuk dipadukan dengan ciri atas temuannya
·         Antar kelompok membahas temuannya terkait  dengan ciri objek yang ditayangkan
·         Siswa diberi kesempatan untuk bertanya jawab dengan guru terkaitdengan temuannya

Mengumpulkan imformasi/ Mencoba
·         Secara individu dalam kelompok mengumpulkan informasi dari berbagai sumber
·         Siswa menyimak penjelasan guru tentang keseluruhan  konsep tentang prinsip keselamatan kerja berdasarkan  pengamatan dalam kehidupan  sehari-hari

Mengasosiasi:
·         Siswa secara individu menyimpulkan hasil temuannya untuk menjadi gagasan utamanya

Mengomunikasi:
·         Secara acak siswa mempresentasikan hasil kesimpulannya
·         Siswa secara individumenyalin contoh data tentang objek dan permasalahan biologi pada  berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dan  memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam  bentuk laporan tertulis.
·         Siswa membuat data tentang objek dan permasalahan biologi pada
berbagai  tingkatan  organisasi kehidupan sesuai dengan metode ilmiah dam  memperhatikan aspek  keselamatan kerja serta menyajikannya dalam  bentuk laporan tertulis

c.    Penutup (…menit)
·         Refleksi
·         Memotifasi siswa untuk mempelajari bahan pertemuan lanjutan
                              



G. Penilaian Penilaian 
1.     Jenis/teknik penilaian
Penilaian Sikap:
·         Obsevasi
§  Aspek pengamatan
o   Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
o   Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
o   Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas (sikap jujur)
o   Melaporkan data atau informasi apa adanya ( sikap jujur)
o   Mengerjakan tugas yang diberikan(sikap disiplin)
o   Melaksanakan tugas individu dengan baik( sikap tanggung jawab)
o   Aktif dalam kerja kelompok ( Sikap kerja sama )
o   Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain
( sikap santun)


·         Antar teman
·         Penilaian diri
·         jurnal…
Penilaian Pengetahuan:
·         tes tertulis
o   objektif
§  PG ( pilihan ganda ) - Terlampir
§  BS ( betul atau salah )
§  Menjodohkan
§  Jawaban singkat
§  Melengkapi
o   Non objektif
§  Uraian bebas
§  Uraian terbatas
·         tes lisan
·         penugasan
Penilaian Keterampilan
·         portofolio
·         praktik
·         proyek

2.    Bentuk instrumen dan instrumen
·         Bentuk instrument
·         Instrument terlampir
3.    Pedoman penskoran
Petunjuk :
Skor penilaian  aspek Sikap Spiritual dan  Soasial dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan


Mengetahui  Pekanbaru, 11 juni2014
Kepala SMAN 8 Pekanbaru,                                Guru Mata Pelajaran Biologi,


                                                                            
Dra.Hj. Hasnidar    HJAlmansyahnis, S.Pd
NIP.19650222 199103 2001                            NIP  19630420 198512 2002

















Lampiran:
Instrumen Penilaian  Sikap Spiritual dan Sosial:
Lembar Pengamatan Sikap
          Kelas                               : X IPA.
Hari, tanggal                             : ……………………….
Materi Pokok/Tema         : Ruang Lingkup Biologi
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Tekun
Gotong royong
Santun
Percaya diri
Jumlah Skor

Ani
3
3
4
4
4
4
4
26


































Petunjuk Penskoran :
Skor penilaian  aspek Sikap Spiritual dan  Soasial dengan kriteria sebagai berikut: Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
       4= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
             3= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus :



Contoh :
Jika Skor diperoleh 26, skor maksimal 4 x 8 pernyataan = 32, maka skor akhir :
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013 peserta didik memperoleh nilai
Sangat Baik : apabila memperoleh skor :3,33 < skor ≤ 4,00
Baik             : apabila memperoleh skor :2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup          : apabila memperoleh skor :1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang                  : apabila memperoleh skor:  skor ≤ 1,33

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPD) DISUSUN OLEH: TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS) SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana. Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan. Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik berseko...

WOW, SEKOLAH KE SMA-SMK PARANGGUPITO GRATIS SRAGAM

Luar biasa, jika kamu berminat sekolah ke SMA-SMK Pancasila Paranggupito langsung dapat sragam OSIS gratis alias cuma-cuma. Tidak cuma itu saja, masuk tanpa dipungut biaya pendaftaran sepeserpun, Hebat bukan? berikut program PPDB unggulan kami tahun ini : Gratis Uang Pendaftaran Gratis Sragam Osis Untuk para Juara SMP, Peringkat 1,2,3 gratis SPP 1th, 6bln dan 3 bln SPP, Uang Gedung, LKS, Sragam OR, dll tercover bantuan BOS, BSM, PKH dan beasiswa lain Ekstrakurikuler beragam (Pramuka, Paskibra, PMR, Karawitan, Marching, Musik Band, Pecinta Alam, Sepakbola, VOly, Bulutangkis dsb.) Lulus bisa kuliah dan bisa langsung bekerja Staf pengajar minimal S1, 6 guru sudah berpredikat Master Lokasi strategis dan terjangkau, di pusat kota Paranggupito sebagai kota tujuan wisata dan pelabuhan laut Kegiatan belajar yang nyaman Gedung megah, fasilitas lengkap (lab komputer, lab pemasaran, gamelan slendro pelog baru, 1set studio musik komplit baru, peralatan marching band lengkap baru, int...

DHUUAAAARRR!!!, MERIAHNYA OSSI SMAPAGA 2018

Gelaran OSSI (Olimpiade Siswa dan Santri Indonesia) SMA Pancasila 3 Paranggupito yang diselenggarakan hari Ahad, 4 Maret 2018 di SMP-SMA Pancasila Paranggupito, telah selesai diselenggarakan. Dengan jumlah peserta 600 siswa dari 33 Instansi baik TPA, PAUD, TK, SD, SMP dan SLTA yang memperebutkan hadiah dari 29 kategori lomba. Hadiah yang diperebutkan diantaranya : 84 medali  84 piagam 58 bingkisan dan 21 trophy  Cabang lomba yang dipertandingkan antara lain : mewarnai, lukis, poster, kaligrafi, hafalan doa, hafalan surat pendek, praktik sholat, tartil, adzan, teka-teki silang, matematika, sains dan teknologi, geografi astronomi dan ekonomi. Juara umum diperoleh TPA Raudhatul Qur'an Waru Johunut. Terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak hingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar. yaitu kepada : Bapak Drs. Eko Nur Haryono, MM (Camat Paranggupito) Bapak Sutigjo, MAg (Kepala KUA Paranggupito) Pengaw...