Langsung ke konten utama

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH
DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK
(PPD)

















DISUSUN OLEH:
TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS)

SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO
2011
KATA PENGANTAR

Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana.
Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan.
Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik bersekolah ke SMAPAGA, mengingat sekolah ini masih sedikit jumlah muridnya. Kami melakukan promosi dengan memberikan informasi tentang sekolah dimana kami berusaha menampilkannya dalam bahasa promosi yang dikemas dalam sejumlah isu yaitu :     “7 alasan mengapa sekolah ke SMAPAGA”.
Kami beranggapan bahwa kami bukanlah satu-satunya yang berusaha tentang hal tersebut, pada dasarnya semua kegiatan yang dilakukan sekolah ini dan semua prestasi yang dimiliki SMAPAGA adalah bentuk promosi yang tak kalah baik di mata masyarakat. Semua itu mari kita sinergikan dan penulis berharap bukanlah sekedar pemoles keindahan semata, namun semoga menjadi peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah yang kita cintai ini
Kritik dan saran kami harapkan demi kebaikan bersama. Semoga bermanfaat.


TIM PROMOSI SEKOLAH





DAFTAR ISI

HALAMAN SAMPUL
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
7 ALASAN MENGAPA SEKOLAH KE SMAPAGA
LAPORAN KEGIATAN
-          SOSIALISASI
-          PENYEBARAN ANGKET
-          PEMBUATAN SEPANDUK
-          PEMBUATAN SELEBARAN
-          PUBLIKASI DAN SOSIALISASI LEWAT INTERNET
LAPORAN PEMBIAYAAN KEGIATAN
LAMPIRAN















7 alasan mengapa memilih sekolah di SMAPAGA

1.  Mendapatkan beasiswa
2.  Fasilitas dan kegiatan ekstra lengkap (komputer, internet, Sepak bola, Pramuka dll)
3.  Lokasi strategis
4.  Terakreditasi "B"
5.  2010/2011 lulus 100%
6.               6. Semua guru sudah berkualifikasi S1
7.              7.Biaya pendidikan terjangkau







LAPORAN KEGIATAN

A.      SOSIALISASI KE SMP-SMP DI PARANGGUPITO DAN SEKITARNYA
Kegiatan ini kami lakukan dengan beranggotakan dua orang promotor. Adapun kegiatan ini dilaksanakan di empat lokasi :
No
Sekolah Tujuan
Promotor
Pelaksanaan
1.
SMP N 2 PARANGGUPITO
Slamet Arifin & Taufik Widi Utomo
12 Mei 2011
2.
SMP N 1 PARANGGUPITO
Slamet Arifin & Taufik Widi Utomo
28 mei 2011
3.
SMP PANCASILA 13 PARANGGUPITO
Slamet Arifin & Drs. Sarto
Dilakukan beberapa kali, terakhir tgl 2 Juni 2011 saat acara perpisahan
4.
SMP GAJAHMUNGKUR GIRITONTRO
Taufik Widi Utomo & Aris Herwin
3 Juni 2011

Adapun alur kegiatan ini meliputi pemberitahuan ke sekolah tujuan secara lisan disusul dengan surat resmi, selanjutnya kami mempersiapkan perangkat sosialisasi seperti pembuatan slide presentasi, kertas isian angket dan dokumentasi.
B.      PENYEBARAN ANGKET MINAT SISWA
Kegiatan ini kami selenggarakan bersamaan dengan kegiatan sosialisasi ke SMP-SMP. Adapun materi angket adalah sebagai berikut :
1.       Seberapa besar minat siswa SMP melanjutkan study
2.       Apa alasan mereka untuk melanjutkan study
3.       Apa alasan mereka tidak melanjutkan study
4.       Apakah yang membuat tertarik sekolah di SMAPAGA
Dari penyebaran angket tersebut hasilnya kami kemas dalam hasil survey minat siswa SMP setelah lulus, yang kami sertakan di halaman lampiran.
C.      PEMBUATAN SEPANDUK
Dalam pembuatannya kami melibatkan pihak sponsorsip yaitu ; Vini Vidi Vici, studio foto Purnama Dringo, Toko Wa’affinii Giritontro dan Fotocopy Nuri Paranggupito. Spanduk tersebut  dipasang di empat lokasi berbeda yaitu :
1.       Pertigaan depan kelurahan Paranggupito
2.       Depan masjid Ketos
3.       Tanjakan nguni/ sor tower
4.       Tikungan waru
tiga spanduk Pembuatannya kami pesan ke Punokawan Pracimantoro yang satunya lagi pesanan dari Potocopy Nuri Paranggupito. Adapun desain spanduk dan rincian pendanaannya terlampir di dalam laporan pembiayaan
D.      PEMBUATAN SELEBARAN
Selebaran yang kami buat ada yang di tempel di papan informasi SMP-SMP seperti di SMPN1, SMPN 2, SMP Ps.13, SMP GM dan SMP Satu atap. Masing masing 2 lembar kertas hvs dengan print warna. Selain itu ada yang kami buat dengan print tinta hitam putih sebanyak 70 lembar yang kami bagikan langsung saat sosialisasi dan di tempel di tempat-tempat strategis. Kami berharap kedepannya jumlah selebarannya di tambah.  Disain terlampir.

E.       PUBLIKASI INTERNET
Kegiatan ini hampir kami lakukan tiap hari, melalui media jejaring sosial facebook dan dibantu program aplikasi blogspot.com dengan akun facebook : smapaga paranggupito dan blog : smapaga.blogspot.com. Kami berusaha membidik kalangan intelektual yang peduli tentang pendidikan. Kami berharap inovasi tentang sarana promosi semakin diintesifkan. Gabungan antara ide kreatif dan sarana yang tepat akan menarik minat obyek promosi. Kemajuan teknologi hendaknya dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai pencitraan SMAPAGA sebagai sekolah yang modern dan smart.







LAPORAN PEMBIAYAAN

A.      PEMASUKAN
1.      DANASEKOLAH                                                                                                                Rp. 300.000,-
2.       SPONSORSHIP                                                                                                   Rp. 250.000,-  +
Jumlah pemasukan                                                                                         Rp. 550.000,-
B.      PENGELUARAN
1.       SPANDUK                                                            Rp 180.000,-
2.       Transport sosialisasi                                        Rp   75.000,-
3.       Kertas HVS                                                          Rp.  29.000,-
4.       Foto copy                                                            Rp.    9.000,-
5.       Tali senar                                                             Rp   35.000,-
6.       Pulsa internet                                                    Rp   70.000,-
7.       Konsumsi pemasangan spanduk                               Rp.  47.000,-
8.       Slebaran warna @1500x10                           Rp.  15.000,-
9.       Slebaran htm/pth @1000x70                      Rp.  70.000,-
10.   Pembuatan LPJ                                                 Rp   20.000,-    +
Jumlah pengeluaran                                       Rp 550.000,-
















PENUTUP

Dengan jumlah murid dibawah angka 150 orang, hendaknya menjadi keprihatinan kita bersama. Sebagai sekolah swasta di daerah pedesaan yang jauh dari kota kabupaten, sekolah ini harus senantiasa berbenah. Mutu dan pengelolaan pendidikan harus senantiasa ditingkatkan, namun semua itu akan sulit tanpa pembiayaan yang cukup yang bersumber salah-satunya dari jumlah murid yang memadai. Maka dari itu promosi perlu untuk diadakan di sekolah ini.
Di tahun-tahun yang akan datang hendaknya kegiatan ini lebih ditingkatkan. Jikalau di tahun ini kegiatan promosi hanya sebatas kecamatan paranggupito, mungkin tahun depan akan diperluas hingga daerah-daerah di luar kecamatan paranggupito seperti kecamatan Pracimantoro, Giritontro dan Songbanyu.
Materi promosi, sarana prasarana promosi dan target pencapaiannya pun harus ditingkatkan dan diperjelas. Kerja ini harus disinergikan dengan kegiatan pendukung semisal PPD(Penerimaan Peserta Didik) dan agenda- agenda sekolah menjelang kegiatan promosi semisal ULTAH SMAPAGA dan Hardiknas. Dengan demikian akan nampak alur yang jelas demi menggiring opini masyarakat tentang SMAPAGA.
Akhirnya, tiada yang sempurna di dunia ini. Kritik dan saran akan kami pertimbangkan demi perbaikan kegiatan serupa ini berikutnya. Terimakasih atas segala dukungan dan partisipasi dari berbagai pihak. Semoga SMA Pancasila 3 Paranggupito makin Jaya!














Lampiran :
I.     Desain spanduk dan selebaran
II.   Hasil angket minat siswa
III. Surat-surat
IV. Slide presentasi
V.   Foto-foto dokumentasi
VI. Nota & kwitansi Pembiayaan


 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENSIKLOPEDI BIOLOGI, DARI KINGDOM HINGGA SPESIES

0.    VIRUS 1.        DUNIA BAKTERI (BACTERIA/MONERA)          1.1 Grup Proteobacteria                   1.1.1 Sub grup P. Alfa (ex. Rhizobium/Bakteri bintil akar tumbuhan kacang)                    1.1.2 Sub grup P. Beta (ex. Nitrosomonas/pendaur ulang amonium mnjadi nitrit)                    1.1.3 Sub grup P. Gamma (ex. Thiomargarita namibensis, Legionella, Salmonella, Vibrio                                cholerae, Escherichia coli)                    1.1.4 Sub grup P. Delta (ex. Bdellovibrio bacteriophorus)                    1.1.5 Sub grup P. Epsilon (ex. Campylobacter, Helicobacter pylori)          1.2 Grup Chlamydia (ex. Chlamydia trachomatis)          1.3 Grup Spirocheta (ex. Treponema pallidum, Borrelia burgdorferi, Leptospira)          1.4 Grup Cyanobacteria ( ex. Oscilllatoria)           1.5 Grup Bakteri Gram Positif (ex. Streptomyces, Bacilus anthracis, Clostridium botulinum) 2.        DUNIA PROTISTA         2.1 Supergrup Excavata                2.1.1 Grup Diplomonad

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) DAN GLS (Gerakan Literasi Sekolah)DI SMAPAGA

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan bagian integral Nawacita Revolusi Karakter Bangsa dan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan Pemerintah melalui beberapa peraturan yang telah dikeluarkan diantaranya yaitu Permen No. 23 tahun 2015 Tentang Pendidikan Budi Pekerti. Kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan nilai utama yang saling berkaitan membentuk jejaring nilai sebagai prioritas gerakan PPK dan GLS. Kelima nilai yang dimaksud adalah : Religius - Hidupnya Nasionalis - Jiwanya Integritas - Tujuannya Mandiri - Hidupnya Gotong royong - Semangatnya Demi mengemban tugas dari amanat yang telah digariskan diatas, SMA Pancasila 3 Paranggupito berusaha melaksanakannya mulai dari tahap pertama yaitu menyediakan sarana prasarana dan melakukan kegiatan pembiasaan seperti membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai.