Langsung ke konten utama

5 hambatan dalam pembelajaran Internet di sekolah kami (mengajar di tengah keterbatasan, lanjutan)

suasana praktikum di lab komputer SMAPAGA

berikut ini adalah hambatan-hambatan dan tantangan ketika kita mengajar TIK di sekolah, terlebih sekolah terpencil seperti yang di alami olah SMA Pancasila 3 Paranggupito.
  1. sulitnya mencari sinyal karena kondisi geografis
tidak hanya letak daerah kami yang jauh dari pusat kota, keadaan geografis yang berbukit-bukit, membuat sinyal operator nihil di daerah ini. untuk sekedar sinyal GSM saja, hanya di daerah-daerah tertentu saja yang ada. jangan tanya soal jaringan kabel telepon, semacam speedy, sinyal CDMA, mendapatkan sinyal disini ibarat menemukan emas permata di dalam lumpur. tapi alhamdulillah ada salah satu operator yang daya jangkaunya tidak terlalu jauh namun sudi mampir ke sekolah kami yang sederhana ini
     2. mahalnya biaya langganan internet
     3. fasilitas, sarana dan prasarana tidak memadai
     4. sedikit orang yang peduli tentang pemanfaatan TIK
     5. sumber daya manusia/pengajar 
dengan segenap daya dan upaya, sedikit demi sedikit semua tantangan diatas dapat kami atasi, tentu kami masih membutuhkan uluran tangan kepedulian dari pembaca. terbukti dengan semangat yang kami tunjukkan dan hasil yang kami capai. anak-anak merasa bangga dengan almamaternya, dan alumni SMAPAGA begitu kangen akan sekolahnya dulu dan berusaha memberikan sumbangsihnya meski kecil, namun sangat berharga. begitu juga dengan para pemerhati pendidikan yang lain, kami merasa terharu, menyadari bahwa kami di sini tidak sendiri, masih banyak ki Hadjar- ki Hadjar yang begitu peduli.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENSIKLOPEDI BIOLOGI, DARI KINGDOM HINGGA SPESIES

0.    VIRUS 1.        DUNIA BAKTERI (BACTERIA/MONERA)          1.1 Grup Proteobacteria                   1.1.1 Sub grup P. Alfa (ex. Rhizobium/Bakteri bintil akar tumbuhan kacang)                    1.1.2 Sub grup P. Beta (ex. Nitrosomonas/pendaur ulang amonium mnjadi nitrit)                    1.1.3 Sub grup P. Gamma (ex. Thiomargarita namibensis, Legionella, Salmonella, Vibrio                                cholerae, Escherichia coli)                    1.1.4 Sub grup P. Delta (ex. Bdellovibrio bacteriophorus)                    1.1.5 Sub grup P. Epsilon (ex. Campylobacter, Helicobacter pylori)          1.2 Grup Chlamydia (ex. Chlamydia trachomatis)          1.3 Grup Spirocheta (ex. Treponema pallidum, Borrelia burgdorferi, Leptospira)          1.4 Grup Cyanobacteria ( ex. Oscilllatoria)           1.5 Grup Bakteri Gram Positif (ex. Streptomyces, Bacilus anthracis, Clostridium botulinum) 2.        DUNIA PROTISTA         2.1 Supergrup Excavata                2.1.1 Grup Diplomonad

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPD) DISUSUN OLEH: TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS) SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana. Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan. Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik berseko

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) DAN GLS (Gerakan Literasi Sekolah)DI SMAPAGA

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan bagian integral Nawacita Revolusi Karakter Bangsa dan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan Pemerintah melalui beberapa peraturan yang telah dikeluarkan diantaranya yaitu Permen No. 23 tahun 2015 Tentang Pendidikan Budi Pekerti. Kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan nilai utama yang saling berkaitan membentuk jejaring nilai sebagai prioritas gerakan PPK dan GLS. Kelima nilai yang dimaksud adalah : Religius - Hidupnya Nasionalis - Jiwanya Integritas - Tujuannya Mandiri - Hidupnya Gotong royong - Semangatnya Demi mengemban tugas dari amanat yang telah digariskan diatas, SMA Pancasila 3 Paranggupito berusaha melaksanakannya mulai dari tahap pertama yaitu menyediakan sarana prasarana dan melakukan kegiatan pembiasaan seperti membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai.