Langsung ke konten utama

Pendidikan di dalam Keterbatasan

Pendidikan memerlukan segala fasilitas dan kondisi dalam penyelenggaraanya. namun sering kali pengajar kesulitan dalam memenuhi segala prasarat yang membantu dan memudahkannya. seperti sarana prasarana yang kurang mendukung, kapabilitas pengajar, keadaan peserta didik yang kurang siap dan situasi dan kondisi saat pelajaran berlangsung. Disini kami akan berbagi perihal menyiasati keberadaan tersebut.
pertama :
perlu diketahui, sekolah kami adalah sekolah swasta di daerah pelosok kabupaten wonogiri. kurang lebih 70km dari ibukota kabupaten. memiliki 6 ruang kelas, dimana beberapa tahun lalu masih pinjam ruang dari SMP. fasilitas dan sarana prasarana bisa dibayangkan sendiri, intinya, kami berusaha semaksimal munkin menyelenggarakan pendidikan sebaik-baiknya. bila kita yakin bisa pasti bisa.
kedua :
pendidikan berkwalitas tidak harus selalu berprestasi. sekolah bukanlah ajang bisnis. tepis anggapan sekolah adalah mahal. kalau sampai kita beranggapan bahwa sekolah untuk mendapat penghasilan layak, mohon perbaiki lagi niat kita. mendidik anak adalah mengajarkan nilai-nilai kebaikan dimana hal ini akan mengikis budaya kapitalisme dan komunisme. dua kutub nilai yang sangat berbahaya.
ketiga :
memanfaatkan keadaan yang ada. bukan berarti tanpa perencanaan, kuncinya adalah pengalaman dan belajar terus menerus. jika sudah terbiasa, kontekstual teacheng akan mengalir begitu saja
keempat :
jgn mudah puas, kiat2 ini pun akan terus berkembang, saya yakin pasti ada cara yang lebih mudah demi menyiasati pendidikan di dalam keterbatasan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENSIKLOPEDI BIOLOGI, DARI KINGDOM HINGGA SPESIES

0.    VIRUS 1.        DUNIA BAKTERI (BACTERIA/MONERA)          1.1 Grup Proteobacteria                   1.1.1 Sub grup P. Alfa (ex. Rhizobium/Bakteri bintil akar tumbuhan kacang)                    1.1.2 Sub grup P. Beta (ex. Nitrosomonas/pendaur ulang amonium mnjadi nitrit)                    1.1.3 Sub grup P. Gamma (ex. Thiomargarita namibensis, Legionella, Salmonella, Vibrio                                cholerae, Escherichia coli)                    1.1.4 Sub grup P. Delta (ex. Bdellovibrio bacteriophorus)                    1.1.5 Sub grup P. Epsilon (ex. Campylobacter, Helicobacter pylori)          1.2 Grup Chlamydia (ex. Chlamydia trachomatis)          1.3 Grup Spirocheta (ex. Treponema pallidum, Borrelia burgdorferi, Leptospira)          1.4 Grup Cyanobacteria ( ex. Oscilllatoria)           1.5 Grup Bakteri Gram Positif (ex. Streptomyces, Bacilus anthracis, Clostridium botulinum) 2.        DUNIA PROTISTA         2.1 Supergrup Excavata                2.1.1 Grup Diplomonad

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPD) DISUSUN OLEH: TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS) SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana. Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan. Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik berseko

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) DAN GLS (Gerakan Literasi Sekolah)DI SMAPAGA

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan bagian integral Nawacita Revolusi Karakter Bangsa dan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan Pemerintah melalui beberapa peraturan yang telah dikeluarkan diantaranya yaitu Permen No. 23 tahun 2015 Tentang Pendidikan Budi Pekerti. Kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan nilai utama yang saling berkaitan membentuk jejaring nilai sebagai prioritas gerakan PPK dan GLS. Kelima nilai yang dimaksud adalah : Religius - Hidupnya Nasionalis - Jiwanya Integritas - Tujuannya Mandiri - Hidupnya Gotong royong - Semangatnya Demi mengemban tugas dari amanat yang telah digariskan diatas, SMA Pancasila 3 Paranggupito berusaha melaksanakannya mulai dari tahap pertama yaitu menyediakan sarana prasarana dan melakukan kegiatan pembiasaan seperti membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai.