Langsung ke konten utama

MAKHLUK HIDUP



  1. KEDUDUKAN ILMU BIOLOGI DENGAN ILMU YANG LAIN
Berbagai masalah kehidupan yang kompleks selalu menyertai kehidupan manusia dan kehidupan makhluk hidup. Masalah-masalah tersebut meisalnya dalam bidang kedokteran, adanya penyakit pada manusia dan hewan merupakan suatu masalah hidup yang perlu ditanggulangi secara tepat.
Dalam bidang pertanian, manusia berusaha dengan berbagai metode agar tanamannya memberikan hasil yang maksimal, antara lain dengan menggunakan bibit unggul, pengairan yang teratur, pemberian pupuk dan lain-lain. Kesemuanya itu membutuhkan peran ilmu biologi, yang kemudian secara teknis dijabarkan dalam ilu-ilmu turunan di bawahnya.
  1. PENGERTIAN HIDUP
Pengertian hidup dalam ilmu biologi adalah suatu proses perkembangan atau bertambah besarnya organ tubuh dan tak dapat kembali ke keadaan semula, serta disertai oleh berbagai kegiatan.
  1. CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP
1.      melakukan gerak aktif
2.      melakukan perkembangbiakan/reproduksi
3.      menunjukkan kepekaan terhadap rangsang/iritabilitas
4.      melakukan pertumbuhan
5.      mengadakan proses metabolisme
  1. METODE ILMIAH
Metode ilmiah mencakup beberapa tahap kegiatan yaitu :
1.      menemukan dan merumuskan masalah
2.      mengumpulkan keterangan
3.      menyusun dugaan/hipotesis
4.      melakukan eksperimen
5.      melakukan uji kebenaran
6.      kesimpulan dan laporan
  1. CABANG-CABANG BIOLOGI
1.      Botani                    : mengkaji dunia tumbuhan
2.      zoology                  : mengkaji dunia hewan
3.      anatomi                  : mempelajari susunan, bentuk ukuran dan perkembangan makhluk   hidup
4.      genetika                  : mempelajari pewarisan sifat hereditas yang dilakukan oleh gen dan kromosom
5.      histology                 : mempelajari jaringan yang membentuk organ-organ pada hewan dan manusia dengan berbagai sifat-sifatnya
6.      bakteriologi            : mengkaji tentang bakteri
7.      sitologi                    : mempelajari striktur dan fungsi sel
8.      entomologi  : mempelajari tentang kehidupan insekta
9.      virology                  : mempelajari tentang virus serta akibat yang ditimbulkannya


CONTOH SOAL DAN PEMBAHASAN :
1.      Seorang siswa mempelajari biologi dengan metode ilmiah, setelah merumuskan hipotesis, tahap manakah yang harus dilakukan ?
A.     merumuskan masalah
B.     mengumpulkan keterangan
C.     menarik kesimpulan
D.     melakukan eksperimen
jawaban D
2.      Mengapa penataan kota sangat memerlukan ilmu biologi ?
A.     ilmu hayat mempelajari berbagai masalah
B.     ilmu hayat mempelajari tentang keseimbangan lingkungan hidup
C.     ilmu hayat menggunakan metode ilmiah
D.     ilmu hayat menggunakan percobaan-percobaan
jawaban B
3.      Fransisco Redi orang pertama yang membuktikan bahwa ….
A.     makhluk hidup berasal  dari benda mati
B.     makhluk hidup berasal dari kera
C.     makhluk hidup berasal dari makhluk hidup
D.     makhluk hidup berasal dari pembusukan
jawaban C
4.      Langkah terakhir dari metode ilmiah adalah ….
A.     memecahkan masalah baru
B.     mengemukakan suatu teori
C.     mengadakan eksperimen
D.     mengumpulkan hasil observasi
jawaban D
5.      yang disebut anatomi adalah ….
A.     bentuk, susunan tubuh makhluk hidup
B.     bentuk, susunan jaringan
C.     bentuk, susunan tumbuhan
D.     bentuk, susunan hewan
jawaban A
6.      ilmu yang mempelajari tentang serangga adalah ….
A.     virology
B.     entomologi
C.     sitologi
D.     antropologi
jawaban B

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENSIKLOPEDI BIOLOGI, DARI KINGDOM HINGGA SPESIES

0.    VIRUS 1.        DUNIA BAKTERI (BACTERIA/MONERA)          1.1 Grup Proteobacteria                   1.1.1 Sub grup P. Alfa (ex. Rhizobium/Bakteri bintil akar tumbuhan kacang)                    1.1.2 Sub grup P. Beta (ex. Nitrosomonas/pendaur ulang amonium mnjadi nitrit)                    1.1.3 Sub grup P. Gamma (ex. Thiomargarita namibensis, Legionella, Salmonella, Vibrio                                cholerae, Escherichia coli)                    1.1.4 Sub grup P. Delta (ex. Bdellovibrio bacteriophorus)                    1.1.5 Sub grup P. Epsilon (ex. Campylobacter, Helicobacter pylori)          1.2 Grup Chlamydia (ex. Chlamydia trachomatis)          1.3 Grup Spirocheta (ex. Treponema pallidum, Borrelia burgdorferi, Leptospira)          1.4 Grup Cyanobacteria ( ex. Oscilllatoria)           1.5 Grup Bakteri Gram Positif (ex. Streptomyces, Bacilus anthracis, Clostridium botulinum) 2.        DUNIA PROTISTA         2.1 Supergrup Excavata                2.1.1 Grup Diplomonad

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPD) DISUSUN OLEH: TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS) SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana. Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan. Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik berseko

PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) DAN GLS (Gerakan Literasi Sekolah)DI SMAPAGA

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dan Gerakan Literasi Sekolah (GLS) merupakan bagian integral Nawacita Revolusi Karakter Bangsa dan Gerakan Nasional Revolusi Mental yang dicanangkan Pemerintah melalui beberapa peraturan yang telah dikeluarkan diantaranya yaitu Permen No. 23 tahun 2015 Tentang Pendidikan Budi Pekerti. Kegiatan tersebut bertujuan mengembangkan nilai utama yang saling berkaitan membentuk jejaring nilai sebagai prioritas gerakan PPK dan GLS. Kelima nilai yang dimaksud adalah : Religius - Hidupnya Nasionalis - Jiwanya Integritas - Tujuannya Mandiri - Hidupnya Gotong royong - Semangatnya Demi mengemban tugas dari amanat yang telah digariskan diatas, SMA Pancasila 3 Paranggupito berusaha melaksanakannya mulai dari tahap pertama yaitu menyediakan sarana prasarana dan melakukan kegiatan pembiasaan seperti membaca buku 15 menit sebelum pelajaran dimulai.