Langsung ke konten utama

JAWABAN TUGAS LK 1.1 DIKLAT KURIKULUM 2013

LK-1.1
 

ANALISIS KURIKULUM 2013

Tujuan:  Mendiskusikan rasional dan elemen perubahan kurikulum, SKL, KI dan KD, strategi implementasi Kurikulum 2013 serta pendekatan, model pembelajaran dan penilaian pada Kurikulum 2013
Langkah Kerja: 
1.    Cermati hand-outkonsep Kurikulum 2013  serta Permendikbud tahun 2013 yang terkait dengan Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses, dan Standar Penilaian 
2.    Diskusikan dalam kelompok dan jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut, tuliskan jawaban hasil diskusi pada kolom yang tersedia
3.    Presentasikan hasil diskusi, setiap kelompok menyajikan salah satu  jawaban pertanyaan  hasil diskusi 
4.    Berikan komentar terhadap hasil presentasi kelompok lain
No
Pertanyaan
Jawaban
1.
Mengapa perlu adanya pengembangan Kurikulum?
Ada lima alas an mengapa perlu adanya pengembangan kurikulum, yaitu :
1.       Adanya tantangan internal
2.       Adanya tantangan eksternal
3.       Karena perkembangan dan kemajuan jaman  yang menuntut perubahan pola piker
4.       Perlunya penguatan tata kelola kurikulum
5.       Perlunya untuk mengkaji materi (pedalaman dan perluasan)
2.
Apa saja elemen  perubahan dalam Kurikulum 2013
Eleman perubahan kurikulum 2013 mencakup : Standar kompetensi Lulusan (SKL), Standar isi, Standar Proses dan standar penilaian.
3.
Bagaimana strategi implementasi Kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran?
Meliputi:
1.       Pelaksanaan kurikulum di sekolah-sekolah
2.       Pelatihan guru, kepala sekolah dan pengawas
3.       Pengembangan buku
4.       Penataan administrasi, manajemen, kepemimpinan dan budaya kerja guru yang baru
5.       Pendampingan dalam bentuk monev implementasi K13
4.
Apa perbedaan kompetensi peserta didik pada Kurkulum 2006 dan Kurikulum 2013
Kurikulum 2006
Kompetensi Lulusan
1.    Belum sepenuhnya menekankan pendidikan karakter
2.    Belum menghasilkan Keterampilan sesuai kebutuhan
3.    Pengetahuan-pengetahuan lepas
Kurikulum 2013
Kompetensi Lulusan
1.      Berkarakter mulia
2.      Keterampilan yang relevan
3.      Pengetahuan-pengetahuan terkait
5.
Bagaimana pendekatan dan model-model pembelajaran dalam  Kurikulum 2013
Meliputi : Pendekatan saintifik, pembelajaran project based learning, discovery learning dan problem based learning.
6.
Bagaimana penilaian pembelajaran dalam Kurikulum 2013?
Penilaian kurikulum 2013 mencakup : penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tiap kompetensi, ujian nasional dan ujian sekolah.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENSIKLOPEDI BIOLOGI, DARI KINGDOM HINGGA SPESIES

0.    VIRUS 1.        DUNIA BAKTERI (BACTERIA/MONERA)          1.1 Grup Proteobacteria                   1.1.1 Sub grup P. Alfa (ex. Rhizobium/Bakteri bintil akar tumbuhan kacang)                    1.1.2 Sub grup P. Beta (ex. Nitrosomonas/pendaur ulang amonium mnjadi nitrit)                    1.1.3 Sub grup P. Gamma (ex. Thiomargarita namibensis, Legionella, Salmonella, Vibrio                                cholerae, Escherichia coli)                    1.1.4 Sub grup P. Delta (ex. Bdellovibrio bacteriophorus)                    1.1.5 Sub grup P. Epsilon (ex. Campylobacter, Helicobacter pylori)          1.2 Grup Chlamydia (ex. Chlamydia trachomatis)          1.3 Grup Spirocheta (ex. Treponema pallidum, Borrelia burgdorferi, Leptospira)          1.4 Grup Cyanobacteria ( ex. Oscilllatoria)           1.5 Grup Bakteri Gram Positif (ex. Streptomyces, Bacilus anthracis, Clostridium botulinum) 2.        DUNIA PROTISTA         2.1 Supergrup Excavata                2.1.1 Grup Diplomonad

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPD) DISUSUN OLEH: TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS) SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana. Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan. Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik berseko