Langsung ke konten utama

soal GELOMBANG BUNYI

 Pilihlah jawaban yang tepat dari pilihan di bawah ini.

1. Gelombang bunyi tergolong gelombang . . .

   A. Gelombang transversal

   B. Gelombang longitudinal

   C. Gelombang elektromagnetik

   D. Gelombang stasioner

   E. Gelombang gabungan

Pembahasan :

Salah satu contoh gelombang transversal adalah gelombang tali, dan contoh gelombang longitudinal adalah gelombang bunyi dan pegas. Keduanya tergolong ke dalam gelombang mekanik (merambat melalui medium).

Jawaban B

 

2. Gelombang bunyi tidak dapat mengalami peristiwa . . .

   A. Difraksi

   B. Longitudinal

   C. Polarisasi

   D. Interferensi

   E. Refraksi

Pembahasan :

Berikut karakteristik gelombang bunyi ialah dapat dilenturkan (difraksi), digabungkan (interferensi), dibiaskan (refraksi), dibiaskan dan dipantulkan (polarisasi), dan dipantulkan (refleksi).

Jawaban B

 

3. Pelayangan terjadi karena adanya interferensi. . .

   A. Dua gelombang yang sama frekuensinya

   B. Lebih dari dua gelombang yang sama frekuensinya

   C. Dua gelombang yang berlawanan arah getarnya

   D. Dua gelombang yang beda frekuensinya besar

   E. Dua gelombang yang beda frekuensinya kecil

Pembahasan :

Pelayangan bunyi atau layangan bunyi berasal dari sumber yang berbeda dengan perbedaan frekuensi yang kecil.

Jawaban E

 

4. Warna bunyi yang dihasilkan oleh sumber ditentukan oleh . . .

   A. Amplitudo

   B. Bentuk gelombang

   C. Tinggi nada

   D. Frekuensi

   E. Jenis sumber bunyi

Pembahasan :

Warna bunyi atau biasa disebut timbre muncul akibat perbedaan frekuensi. Salah satu contoh warna bunyi adalah nada alat musik.

Jawaban D

 

5. Seorang astronot menggunakan gelombang radio untuk berkomunikasi di Bulan. Astronot tidak bisa berkomunikasi secara langsung karena . . .

   A. Bulan merupakan tempat sunyi

   B. Bulan tidak ada udara (hampa udara)

   C. Bulan tidak ada sinyal HP

   D. Bulan memerlukan pesawat

   E. Bulan gelap

Pembahasan :

Gelombang bunyi tergolong gelombang mekanik (memerlukan medium rambat).

Jawaban B

 

6. Perhatikan gambar berikut!

Gema Ultrasonik dari T dipancarkan menuju permukaan R dan dasar S. T menangkap kembali gelombang 0,5 s, setelah gelombang ultrasonik dipancarkan menuju R. Kemudian, T menangkap 0,6 s gelombang dari S. Kedalaman S dari permukaan R
Gema Ultrasonik dari T dipancarkan menuju permukaan R dan dasar S. T menangkap kembali gelombang 0,4 s, setelah gelombang ultrasonik dipancarkan menuju R. Kemudian, T menangkap 0,8 s gelombang dari S. Kedalaman S dari permukaan R adalah . . .

   A. 432 m

   B. 1.080 m

   C. 864 m

   D. 964 m

   E. 1584 m

Pembahasan :

Diketahui :

tTRT = 0,4 s ; tRT = 0,2 s

tTST = 0,8 s ; tST = 0,4 s

xRT = 360 m

Ditanya : Kedalaman S (xRS)

*Cepat rambat gelombang di air (v)

v = x/t

v = xRT/ tRT

v = xRT/ tRT

v = 360/ 0,2

v = 1800 m/s

*Kedalaman S dari T (xTS)

x = v.t

xTS = v. tST

xTS = (1800).(0,4)

xTS = 720 m

*Kedalam dari R ke S (xRS)

xRS = xRT + xTS

xRS = 360 + 720

xRS = 1.080 m

Jawaban B

 

7. Bunyi akan terdengar keras, jika . . .

   A. Frekuensinya tinggi

   B. Frekuensinya rendah

   C. Amplitudonya besar

   D. Amplitudonya kecil

   E. Periodenya tak beraturan

Pembahasan :

Kuat-lemah bunyi bergantung amplitudo. Tinggi-rendah nada bergantung frekuensi.

Jawaban C

 

8. Tinggi rendahnya suara bergantung pada . . .

   A. Amplitudo

   B. Panjang gelombang

   C. Frekuensi

   D. Pola getar

   E. Kecepatan

Pembahasan :

Jawaban C.

 

9. Perhatikan faktor-faktor berikut!

   1) Memperkecil massa jenis kawat

   2) Memperpanjang kawat

   3) Memperbesar tegangan kawat

   4) Memperbesar ukuran kawat

Faktor-faktor yang dapat mempercepat perambatan gelombang pada kawat adalah . . .

   A. Semua benar

   B. 1, 2, dan 3

   C. 2 dan 4

   D. 1 saja

   E. 3 saja

Pembahasan :

v = √(F/μ) = √(F/ρ.A) = √(F.l/ m)

v = cepat rambat, F = tegang kawat, μ = rapat massa kawat, ρ = massa jenis kawat, A = luas penampang (ukuran kawat), l = panjang kawat, m = massa kawat.

Jawaban B

 

10. Pada percobaan Melde digunakan kawat sepanjang 2,5 m dan massa 500 gram. Kemudian, tali digantungi beban 50 kg dengan percepatan gravitasi sebesar 10 m/s2, maka besar cepat rambat kawat adalah . . .

   A. 25 m/s

   B. 30 m/s

   C. 35 m/s

   D. 40 m/s

   E. 50 m/s

Pembahasan :

Diketahui :

F = W = mbeban.g = 50.(10) = 500 N

mkawat = 500 g = 0,5 kg

lkawat = 2,5 m

Ditanya : cepat rambat (v)

v = √(F.l / m)

v = √((500).(2,5) / 0,5)

v = √2500

v = 50 m/s

Jawaban E

https://www.aisyahnestria.com/2021/02/10-soal-pembahasan-gelombang-bunyi_21.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ENSIKLOPEDI BIOLOGI, DARI KINGDOM HINGGA SPESIES

0.    VIRUS 1.        DUNIA BAKTERI (BACTERIA/MONERA)          1.1 Grup Proteobacteria                   1.1.1 Sub grup P. Alfa (ex. Rhizobium/Bakteri bintil akar tumbuhan kacang)                    1.1.2 Sub grup P. Beta (ex. Nitrosomonas/pendaur ulang amonium mnjadi nitrit)                    1.1.3 Sub grup P. Gamma (ex. Thiomargarita namibensis, Legionella, Salmonella, Vibrio                                cholerae, Escherichia coli)                    1.1.4 Sub grup P. Delta (ex. Bdellovibrio bacteriophorus)                    1.1.5 Sub grup P. Epsilon (ex. Campylobacter, Helicobacter pylori)          1.2 Grup Chlamydia (ex. Chlamydia trachomatis)          1.3 Grup Spirocheta (ex. Treponema pallidum, Borrelia burgdorferi, Leptospira)          1.4 Grup Cyanobacteria ( ex. Oscilllatoria)           1.5 Grup Bakteri Gram Positif (ex. Streptomyces, Bacilus anthracis, Clostridium botulinum) 2.        DUNIA PROTISTA         2.1 Supergrup Excavata                2.1.1 Grup Diplomonad

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PROMOSI SMA

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN KEGIATAN PROMOSI SEKOLAH DALAM RANGKA PENERIMAAN PESERTA DIDIK (PPD) DISUSUN OLEH: TIM PROMOSI SEKOLAH (TPS) SMA PANCASILA 3 PARANGGUPITO 2011 KATA PENGANTAR Puji syukur ke hadirat Allah SWT atas terselenggaranya kegiatan promosi dan penyusunan laporan ini hingga semua itu dapat terlaksana dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti. Jika tanpa bantuan-Nya mustahil semua ini dapat terlaksana. Kami selaku tim promosi sekolah(TPS) telah melakukan tugas kami yaitu melakukan beberapa kegiatan promosi dan dengan menggunakan beberapa media dalam pelaksanaannya. Diantara kegiatan dan media tersebut adalah ; kegiatan sosialisasi ; pembuatan spanduk ; penyebaran pumflet(selebaran) ; penyebaran angket minat siswa serta publikasi lewat media internet seperti facebook dan blog dimana hal ini masih terus kita lakukan. Semua kegiatan tersebut kiranya perlu untuk kami lakukan demi meningkatkan minat siswa lulusan SMP atau sederajat untuk terterik berseko